Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Busana 2 SMK Negeri 1 Wonoasri
Oleh
Rohma Yuli Madyawati, S.Pd
A. Pendahuluan
Peserta didik dikatakan berhasil dalam belajar apabila hasil belajar peserta didik tersebut meningkat. Namun, kenyataan yang banyak dijumpai dibeberapa kelas khususnya kelas XI Busana 2 SMK Negeri 1 Wonoasri hasil belajar peserta didik dalam pelajaran matematika saat ini masih belum sesuai dengan harapan guru. Hal ini dimungkinkan karena menurut sebagian besar peserta didik bahwa pelajaran matematika ini sangat sulit untuk dipelajari, dan memerlukan banyak latihan menyelesaikan masalah atau soal matematika. Selama ini masih banyak guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran masih kurang dan mengakibatkan hasil belajar matematika rendah. Hasil posttest yang dilakukan didapat nilai terendah 0 sebanyak 23%, nilai 20 sebanyak 45% dan 40 sebanyak 32% sehingga dapat disimpulkan 100% peserta didik belum mencapai tujuan pembelajaran atau dibawah KKTP
Berdasarkan masalah tersebut perlu solusi yang diberikan untuk memecahkan permasalahan guna meningkatkan hasil belajar matematika yakni dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Dalam praktik ini saya harus merubah kebiasaan penggunaan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran yang lebih inovatif, menyenangkan, dan melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
B. Pembahasan
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran (Iyam Maryati:2018). Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu dan akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar peserta didik (Delsi Novelni:2021). Pada saat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning saya menggunakan media pembelajaran power point canva, lembar soal (LKPD) & posttest yang dibuat menggunakan canva dan bahan ajar melalui aplikasi google drive diharapkan dapat menarik perhatian siswa diera teknologi sekarang ini, sehingga mereka lebih giat untuk mendalami dan turut serta masuk kedalam pembelajaran dengan perasaan bahagia.
Dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan antara lain:
1. Dalam penerapan model Problem Based Learning saya harus menerapkan sintaks-sintaks pembelajaran secara urut dan lengkap.
2. Metode pembelajaran yang menggunakan diskusi dan presentasi membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga saya harus bisa mengelola waktu dengan baik
3. Pemilihan media pembelajaran yang digunakan harus inovatif sehingga harus menarik bagi peserta didik dan menerapkan basis ICT maupun TPACK yang sudah sesuai perkembangan jaman
Pihak yang terlibat dalam proses pencapaian tujuan praktik pembelajaran ini adalah
1. Saya sebagai guru matematika dalam hal ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
2. Kepala sekolah/wakil kepala sekolah berperan dalam memonitoring pelaksanaan pembelajaran
3. Rekan sejawat yang membantu dalam pengambilan video dan sebagai observer keterlaksanaan pembelajaran.
4. Peserta didik kelas XI Busana 2 SMK Negeri 1 Wonoasri
5. Orang tua peserta didik yang sudah berkenan memfasilitasi anaknya Handphone yang digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran yang berbasis TPACK
Langkah-langkah yang saya lakukan dalam menghadapi tantangan diatas antara lain:
1. Saya menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meliputi : mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
2. Sebelum pelaksanaan pembelajaran. Saya membuat rencana pembelajaran dengan baik berdasarkan hasil penelitian-penelitian terdahulu dengan lebih memanajemen waktu agar tujuan pembelajaran tercapai
3. Media pembelajaran yang saya gunakan yaitu power point canva, lembar soal (LKPD) & posttest yang dibuat menggunakan canva, aplikasi google drive.
Dampak dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran matematika kali ini adalah peserta didik lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dan hasil belajar mereka meningkat. Hal ini dikarenakan:
1. Guru tidak hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga tidak membuat peserta didik bosan
2. Dengan metode diskusi dan presentasi membuat siswa berpikir kritis dan terampil menyelesaikan suatu masalah
3. Guru menggunakan media powerpoint canva, LKPD & lembar soal posttest menarik karena terlihat berwarna warni dan ada gambar. Menggunakan bahan ajar lewat google drive yang diakses lewat gadget masing-masing jadi tidak membosankan dan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi
Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran efektif dikarenakan:
1. Pemilihan model dan media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan
2. Peserta didik aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dilihat dari hasil observasi peserta didik
3. Hasil belajar lewat posttest peserta didik yang mendapat nilai 70 sebanyak 32 %, nilai 80 sebanyak 40%, nilai 90 sebanyak 20%, nilai 100 sebanyak 8%. Sehingga dapat disimpulkan 100% peserta didik tercapai tujuan pembelajarannya atau diatas KKTP
Respon dari lingkungan terkait praktik pembelajaran yang dilakukan sebagai berikut.
1. Kepala sekolah
Kepala sekolah memberikan respon positif dan praktik pembelajaran ini diharapkan memberikan motivasi kepada guru yang lain untuk bisa menerapkan model pembelajaran yang inovatif.
2. Teman sejawat
Teman sejawat memberikan respon positif karena mampu meningkatkan siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.
3. Peserta didik memberikan respon positif karena membuat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran
Faktor keberhasilan dari kegiatan praktik pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan memilih media pembelajaran yang inovatif, menerapkan basis ICT sehingga menarik bagi peserta didik. Peserta didik terbiasa berfikir kritis membuat hasil belajar matematika mereka meningkat. Faktor ketidak berhasilan dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagian peserta didik masih malu untuk bertanya saat kelompok lain sedang presentasi di depan kelas
C. Kesimpulan
Berdasarkan praktik kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika guru harus memperhatikan tingkat pemahaman, model pembelajaran yang digunakan harus inovatif, serta media pembelajaran yang digunakan harus bervariasi, menarik sesuai perkembangan jaman
Daftar Pustaka
Delsi Novelni. 2021. Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/download/4342/2836/
Iyam Maryati. 2018. Penerapan Model pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. https://media.neliti.com/media/publications/226696-penerapan-model-pembelajaran-berbasis-ma-5edaf5ec.pdf
Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)
Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)
Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)
Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)
Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)
Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)